Jumat, 14 November 2008

BIRO PERJALANAN WISATA





i-tutor.net merupakan salah program I Love My Country Indonesia (ILMCI. COM) yang sukses mendapat rekomendasi WORLD BANK. Silakan klik link di bawah ini!

* Latar Belakang Kerjasama Pemda Kabupaten Bener Meriah dengan i-tutor

* Klik di sini untuk melihat rekomendasi World Bank

* Download Company profile i-tutor group untuk melihat keberhasilan i-tutor lainnya

Sampai saat ini i-tutor.net sendiri telah tersebar lebih dari 700 cabang di seluruh Indonesia, dari sejak i-tutor.net menjadi suatu sistem Lisensi pada tahun 2006.


Mau Dapat Mobil

Chery QQ?

Kenalkan teman-teman atau orang terdekat Anda untuk membuat akun di ILMCI.

01) Hadiah akan diberikan kepada sponsor dengan direct downline (Level 1) terbanyak.

02) Hadiah mobil akan diberikan setiap tahun berdasarkan perhitungan jumlah Level 1 terbanyak.

03) Perhitungan sponsorship dilakukan pada tahun yang sedang berjalan, dan akan dihitung ulang mulai tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

04) Pemenang akan mendapatkan pemberitahuan melalui ilmci Mail, e-mail pemberitahuan pemenang akan dikirimkan oleh support@ilmci.com dan sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

05) Hadiah diambil langsung ke Kantor Pusat ILMCI atau dapat dikirim ke alamat pemenang (pajak ditanggung pemenang).


Mari Bergabung Dengan

I
Love My Country

I
ndonesia
(ILMCI.com)

Untuk Mencerdaskan

Anak - Anak &

Cucu- Cucu Kita !




Free 1GB Webmail
Mau punya email pribadi dengan inbox 1GB + hadiah bulanan?


Email Sponsor: noersal@ilmci.com

diperlukan ketika Anda mengisi

formulir pendaftaran email ilmci.com

dan sewaktu mengisi formulir BURSA BISNIS ILMCI,

cantumkan Sponsor's ID Number Anda berikut:

0340 3440 9876 3426


Info rinci, silakan download marketing kits = rezeki (amal + hadiah + uang) Anda melalui link berikut:

01. Brosur

02. Dokumen Kerjasama

03. Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) BBI

04. Proposal-proposal





video
Welcome to my blog!

You are my visitor No
.







Airline Reservation Staff At Work


USAHA BIRO


PERJALANAN WISATA



Disajikan oleh Drs. Noersal Samad, MA


Banyak Negara-negara di dunia menyebut orang yang bergerak di bidang usaha “Perjalanan Wisata" sebagai “TRAVEL AGENT”. Apa saja yang diusahakan oleh “Travel Agent”.


1. Car hire, both domestic and foreign


2. Foreign car purchase


3. Climate information


4. Wardrobe information-what to wear, how much to take, etc


5. Health regulations


6. Sightseeing services


7. General travel consultation


8. Specific itinerary planning


9. Information on all types of accommodations


10. Delivery of tickets


11. Quotation of fares, rates and other prices


12. Foreign currency and exchange facilities


13. Obtaining passports, visa and sailing permits


14. Arranging transfers between docks, airports and hotels


15. Shopping suggestions


16. Reservations and arrangements for special interest groups – e.g. religious pilgrimages, conventions, hunting and other sporting trips, etc.


17. Travel and baggage insurance


18. Advice on language study and guidebook material



Setelah kita mengetahui sebagian besar aktivitas seorang travel agent, timbul pertanyaan : “Pengetahuan apa saja yang harus dimiliki oleh travel agent agar dia bisa bekerja secara effective dan efficient”?


1. Dia harus mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai “Ilmu Bumi”. Dia harus mempunyai pengetahuan mengenai :


a. Kota tempat tinggalnya

b. Negaranya sendiri

c. Negara-negara sumber wisatawan yang datang ke Indonesia

d. Negara-negara yang menjadi tujuan perjalanan orang-orang Indonesia

e. Dan Negara-negara lain yang mempunyai masa depan yang bisa diharapkan mengirimkan wisatawan ke Indonesia.


2. Dia harus mengetahui fasilitas dan syarat-syarat penyewaan mobil, bis, taksi, bahkan sewa seekor keledai, gajah ataupun onta, sepeda, rencana perjalanan angkutan laut, darat, danau dan udara beserta tarifnya.


3. Dia harus mampu memberikan saran-saran berkenaan dengan pilihan kamar hotel ( deluxe, first class, atau economy) di manapun di dunia, apakah itu disebut “Japanese style hotel di Osaka, sebuah “castle or villa” di Riviera, “yacht or houseboat accommodation” di Kasmir. Dia harus mengetahui bagaimana cara memperoleh sebuah “Cortez Motor Home” untuk menjelajah U.S. Rockies. Seorang agen perjalanan yang baik akan mengetahui dimana memperolehnya, berapa biayanya, dan yang penting lagi apakah ia akan mendapat KOMISI atau tidak.


4. Dia diharapkan mengetahui bermacam-macam makanan yang dihidangkan di seluruh dunia. Seandainya langganannya menanyakan tentang makanan khas Negara tertentu, harusnya dia mampu menjawabnya dan sekaligus mempengaruhi langganannya untuk pergi ke Negara tersebut. Dan tentu saja imbalannya adalah KOMISI yang akan diperoleh dari pelayanannya.


5. Dia tidak boleh salah memberikan informasi mengenai visa, uang asing, pajak, keterangan kesehatan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan perjalanan, dalam perjalanan dan sewaktu kembali dari luar negeri. Ingat, kita tidak akan melayani orang Indonesia saja, tetapi juga orang asing yang berada di Indonesia.


6. Dia harus bisa menyarankan :

a. Pakaian apa yang harus dibawa?

b. Apa yang harus dikemaskan dan bagaimana caranya?

c. Apa yang bisa dibeli (pantas dibeli) dan dimana?

d. Bagaimana cara memperoleh tiket-tiket pertunjukan (ballets, operas)

e. Dimana mereka bisa melihat “fashions shows”?

f. Bagaimana caranya memperkenalkan langganan dengan “golf and country clubs”?

g. Bagaimana caranya mengirimkan “bon voyage gifts”?

h. Bagaiman caranya mengadakan pesta, dsb.


7. Dia harus bisa memenuhi keinginan khusus langganannya seperti : snorkeling, fishing, shell-collecting, hunting, stamp-collecting, night clubbing, mate seeking, art loving, food loving orient, dan memberi saran mengenai daerah-daerah tujuan (tempat-tempatnya), biayanya dan perlengkapannya.


8. Dia harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai iklim, cuaca, bahasa dan sejarah dari sesuatu negara, syarat yang harus dipenuhi kalau langganan mau membawa binatang peliharaan (anjing, kucing, burung dsb), dimana mereka bisa memperoleh baby-sitters, sekretaris, dst.


9. Dia harus selalu mengetahui perubahan-perubahan jadual penerbangan, pelayaran atau perjalanan, harga-harga murah (excursion fares, family plans, discount fares, on-season and off-season rates, peak season, affinity and non-affinity group fares).


10. Dia harus memenuhi persyaratan-persyaratan tiket, laporan penjualan dan bermacam-macam tariff.


11. Dia adalah “ a public relation, advertising and legal expert, and sales promotion man. Dan tentu saja semua stafnya harus mempunyai pengetahuan yang lengkap seperti dia pula.


James A. Miller, CTC dan Robert W. McIntosh, Ph.D. dalam buku “UP WITH PROFITS”, Bab I, Halaman 8 menulis :


“Competent, professional travel counseling demands wide travel experiences, sales agency experience. An educational academic background pertaining to the disciplines most relating to travel is also helpful. These disciplines include practical knowledge of the fine arts, such as painting, sculpture, architecture, and music, and history, archeology and physical geography.


A knowledge and practice of Interpersonal psychology is also extremely useful, especially in sales and conducting efficient conversations with clients to bring out their true or complete interest and needs. With good communications and understanding, a travel agent can best offer suggestions for a trip, complementary to the client, which provide important values that would not have been possible without the assistance of the travel counselor”.


Selanjutnya pada Bab I, halaman 5 dalam buku yang sama mereka menulis :


“ In assuming a full travel agency service posture, the travel agent becomes responsible for a vast complex of world travel arrangements for his clients. The skill and knowledge he must acquire, maintain and apply in the sales and arrangement of such travel details become a true measure of the usually enlargement, and in so doing the value to oneself, community, and the overall travel industry becomes proportionately greater in importance and scope.


Successful travel agency management today must be alert, well informed, knowledgeable, and willing to change and improve in order to do the job better.


Successful travel agents sense their responsibility to continually seek to improve their abilities through studies, seminars, meetings, discussions with colleagues, familiarization trips, and not infrequently from client opinions and reports on their experiences. A considerable amount of reading becames a normal agent habit”.


Kalau travel agent harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang luas, tentu saja karyawannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu pula untuk mengimbangi pengetahuan atasannya.


Karyawan biro perjalanan yang ideal harus :


1. Cukup matang untuk mengambil pertimbangan dan keputusan yang baik.


2. Tetap muda dalam fikiran dan jiwa.


3. Bisa menyesuaikan diri dengan semua umur, orang kaya, ataupun bukan, dan macam-macam langganan lainnya.


4. Mempunyai kepribadian yang menarik, sehingga dapat membuat suasana yang hangat dan mesra lingkungannya.


5. Cukup terbuka dan gampang bergaul merupakan pembawaan yang wajar yang dimilikinya (bukan dibuat-buat).


6. Budi bahasa yang cukup dan mempunyai perbendaharaan bahasa yang banyak, kepandaian menggunakan kata-kata yang tepat dan baik dan tidak mempunyai kelemahan-kelemahan tata bahasa yang dapat mempengaruhi penilaian langganan atau calon langganan terhadapnya.


7. Terdidik dan berpengetahuan luas.


8. Berpembawaan yang baik (tidak terpengaruh oleh keadaan yang bisa menimbulkan frustasi) dan tidak gampang menyerak apabila mengalami hal-hal yang sulit.


9. Mempunyai rasa ingin tahu (curiosity) yang banyak.


10. Teratur, cermat dan teliti. Dia selalu ingin sempurna dan berusaha melengkapi sampai ke yang sekecil-kecilnya.


11. Cukup banyak mengadakan perjalanan. Dengan pengalamannya dia bisa menyakinkan calon langganannya bahwa apa-apa yang disarankannya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dia miliki/dialami sendiri.


12. Cukup cekatan dan jeli terhadap kesalahan-kesalahan angka-angka, koma, titik atau tanggal.


13. Cukup cekatan dan rapi mempergunakan komputer, mesin-mesin tulis, hitung, dsb. Cermat, rapi dan tepat (tepat pada waktunya) merupakan selogannya sewaktu bekerja sehari-hari.


14. Mempunyai tulisan yang bisa dibaca oleh siapa saja.


15. Pandai berkomunikasi dengan baik, gampang dimengerti dan tidak berbelit-belit dan dengan suara yang enak didengar.


16. Rapi dan mempunyai kebiasaan mencatat hal-hal yang penting.


17. Mementingkan kerja sama yang kompak.


18. Cukup toleransi dan selalu bersedia menggantikan tugas teman bila diperlukan atau menunda jam makan, tanpa gusar. Gampang mengulurkan tangan membantu teman sekerja tanpa mempersoalkan “ini tugas dia’ biarlah dia selesaikan sendiri”.


19. Bisa kerja sendiri dan mempunyai rasa kebersamaan yang tinggi. Dengan dedikasi yang tinggi yang dia miliki perusahaan tidak usah meragukan itikad baiknya dan kesetiaannya terhadap perusahaan.


20. Mempunyai intelegensia yang tinggi. Berkemampuan membaca tulisan orang lain dan bisa mengerti maksudnya dengan tepat (accurately).


21. Selalu sehat sehingga ia jarang meninggalkan tugas kantornya karena sakit.


22. Cukup bertanggung jawab dan menganggap bekerja itu penting.


23. Mempunyai disiplin diri, bisa dipercaya tanpa terpengaruh oleh gangguan-gangguan atau godaan.


24. Cukup diplomatis dan mampu memecahkan persoalan-persoalan yang bisa menimbulkan keretakan antara sesame teman sekerja tanpa disadari oleh teman-teman yang sedang menghadapi persoalan tersebut.


Dia bisa bertindak sebagai pendamai tanpa diminta dan tanpa menyinggung perasaan salah satu pihak.


Apakah ada orang yang demikian? Mungkin jarang ada, tetapi perlu kita ketahui agar kita bisa berusaha memperbaiki diri kita sendiri atau mendidik karyawan kita sehingga mereka bisa memiliki syarat-syarat tersebut di atas.


MOTIVASI ORANG MENGADAKAN

PERJALANAN



Mengapa orang mengadakan perjalanan? H.A. maslow dalam bukunya, MOTIVATION and PERSONALITY, berpendapat bahwa orang mengadakan perjalanan karena alasan-alasan kebutuhan (needs) atau keperluan. Dia membagi NEEDS atas :


a. Physiological needs ( kebutuhan akan makanan, air dan udara).


b. The needs for security and safety.


c. The survival needs (needs to belong, to be loved and accepted).


d. The self-actualization of self-realization needs


e. The need to develop ‘one’s own potential


f. The need for aesthetic stimulation


g. The need to create or to build one’s own personality and character.


h. The need for change, divertissement, new scenery and new experiences.


John A. Thomas menulis dalam ASTA Travel News, penerbitan bulan Agustus 1964, halaman 64-65, memberikan 18 motivasi yang menyebabkan orang mengadakan perjalanan :


I. Education and Cultural Motives


1. To see how people in other countries live, work and play

2. To see particular sights

3. To gain a better understanding of what goes on in the news

4. To attend special events


II. RELAXATION and PLEASURE


5. To get away from everyday routine


6. To have a good time

7. To achieve some more sort of sexual or romantic experience


III. ETHNIC


8. To visit places your family came from


9. To visit places your family, or friends, have gone to


IV. OTHER


10. Weather (for instance to avoid winter)

11. Health ( sun, dry, climate, etc)

12. Sport (to swim, ski, fish or sail )

13. Economy ( inexpensive living)

14. Adventure (new areas, people, experience)

15. One-upsmanship

16. Conformity (mengikuti arus atau mode)

17. To participate in history (ancient temples and ruins, current history)

18. Sociological motives (get to know the world)


PATA melaporkan bahwa orang mengadakan perjalanan karena 12 alasan :


1. warm, friendly people

2. comfortable, accommodations

3. beautiful, natural scenery

4. reasonable prices

5. attractive customs and way of live

6. good climate

7. beautiful creations of man

8. outstanding food

9. good shopping

10. exotic environment

11. historical or family ties

12. exceptional recreational activities



DAYA TARIK


Michael Peters dalam bukunya “INTERNATIONAL TOURISM” mengkategorikan daya tarik (attractions) atas :


I. Cultural


1. Sites and areas of archaelogical interest

2. Historical buildings and monuments

3. Places of historical significance

4. Museums

5. Modern culture

6. Religion

7. Political and educational institutions


II. Traditions


1. National festivals

2. Arts and handicrafts

3. Music

4. Folklore

5. Native life and customs


III. Scenic


1. Outstanding panoramas and areas of natural beauty

2. National parks

3. Wildlife

4. Flora and fauna

5. Beach resort

6. Mountain resort


IV. Entertainments


1. Participation and viewing sports

2. Amusemens and recreation parks

3. Zoos and oceanariums

4. Cinemas and theatres

5. Night life

6. Cuisine


V. Other Attractions


1. Climate

2. Health resort or spas

3. Unique attractions not available elsewhere


Sebagai orang yang bergerak dalam bidang usaha perjalanan wisata (travel business) hal-hal yang diuraikan diatas perlu mendapat perhatian kita agar dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan wisatawan dapat dipenuhi sesuai dengan selera mereka. Terlihat ada kecenderungan pada sebagian karyawan biro perjalanan mendesakkan pendapat atau keinginannya kepada calon langganan/langganan ketimbang berusaha mendekati dan memberikan kepuasan sesuai dengan selera tamu. Bukan berarti ini hanya terjadi pada biro perjalanan saja, juga terjadi pada usaha-usaha lain di bidang pariwisata, misalnya di restoran-restoran, hotel, toko-toko dan sebagainya.




Free Web Hosting with Website Builder
Free Web Hosting with Website Builder

Para Pembaca Yang Budiman!


Saya berbahagia mendapat kesempatan membagi ilmu dari jauh, tetapi Anda dekat di hati saya, untuk kesejahteraan Anda sekeluarga, beserta orang-orang yang memanfaatkannya, berkat bantuan dari Anda. Berarti, Anda bebas menyebar luaskan cuplikan “Ilmu Pariwisata” ini kepada sebanyak mungkin warga Indonesia.


Klik Praktek Memandu Wisatawan dan Panduan Pramuwisata untuk mencontoh tata cara seorang pramuwisata mengomentari obyek wisata (points of interest).


Sebagai contoh-contoh aktual lainnya, silakan klik Langkawi dan Pangkor.


Apabila koneksi internet Anda lambat, biarkan "YOU TUBE tersebut jalan sampai selesai. Sabar dulu! Suara dan gambarnya akan baik, tanpa terputus-putus, ketika Anda "REPLAY".


Tak lain harapan saya, kiranya Anda bersedia berdoa kepada Allah SWT, semoga Anda dan saya selalu mendapat berkah - Nya dan diampuni semua dosa kita di dunia dan di akhirat. Amin! Maafkan atas segala keterbatasan saya.


Terima kasih.


Drs. Noersal Samad, MA




Perlukan Indonesia mendirikan Sekolah Guru Pariwisata ?? Silakan klik!


For fun filled days, please click to visit the sites


This is also for you!

Just click 100% FREE, FREE, FREE!


Klik Bimbingan Bisnis Wisata Di Sini



100 Blog Indonesia Terbaik



ns

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda