Rabu, 22 Oktober 2008

Kompetensi Wajib Karyawan Biro Perjalanan Wisata





i-tutor.net merupakan salah program I Love My Country Indonesia (ILMCI. COM) yang sukses mendapat rekomendasi WORLD BANK. Silakan klik link di bawah ini!

* Latar Belakang Kerjasama Pemda Kabupaten Bener Meriah dengan i-tutor

* Klik di sini untuk melihat rekomendasi World Bank

* Download Company profile i-tutor group untuk melihat keberhasilan i-tutor lainnya

Sampai saat ini i-tutor.net sendiri telah tersebar lebih dari 700 cabang di seluruh Indonesia, dari sejak i-tutor.net menjadi suatu sistem Lisensi pada tahun 2006.


Mau Dapat Mobil

Chery QQ?

Kenalkan teman-teman atau orang terdekat Anda untuk membuat akun di ILMCI.

01) Hadiah akan diberikan kepada sponsor dengan direct downline (Level 1) terbanyak.

02) Hadiah mobil akan diberikan setiap tahun berdasarkan perhitungan jumlah Level 1 terbanyak.

03) Perhitungan sponsorship dilakukan pada tahun yang sedang berjalan, dan akan dihitung ulang mulai tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

04) Pemenang akan mendapatkan pemberitahuan melalui ilmci Mail, e-mail pemberitahuan pemenang akan dikirimkan oleh support@ilmci.com dan sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

05) Hadiah diambil langsung ke Kantor Pusat ILMCI atau dapat dikirim ke alamat pemenang (pajak ditanggung pemenang).


Mari Bergabung Dengan

I
Love My Country

I
ndonesia
(ILMCI.com)

Untuk Mencerdaskan

Anak - Anak &

Cucu- Cucu Kita !




Free 1GB Webmail
Mau punya email pribadi dengan inbox 1GB + hadiah bulanan?


Email Sponsor: noersal@ilmci.com

diperlukan ketika Anda mengisi

formulir pendaftaran email ilmci.com

dan sewaktu mengisi formulir BURSA BISNIS ILMCI,

cantumkan Sponsor's ID Number Anda berikut:

0340 3440 9876 3426


Info rinci, silakan download marketing kits = rezeki (amal + hadiah + uang) Anda melalui link berikut:

01. Brosur

02. Dokumen Kerjasama

03. Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) BBI

04. Proposal-proposal




!


Biro Perjalanan Wisata

KODE UNIT : PAR.UJ02. 016.01
JUDUL UNIT : Mencari dan Menyediakan Informasi dan Saran Mengenai
Daerah Tujuan Wisata

DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkenaan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk mencari dan memberikan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata. Ini dapat digunakan dalam konteks domestik atau international

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengembangkan Pengetahuan Mengenai Daerah Tujuan Wisata

1.1 Sumber informasi terkini dan akurat mengenai daerah tujuan wisata di
identifikasi dan didapatkan.


1.2 Informasi mengenai gambaran daerah tujuan wisata dan produk pariwisata
yang tersedia secara umum didapatkan.

1.3 Informasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam secara akurat
di identifikasi dan di dapatkan.

1.4 Informasi untuk digunakan pada masa mendatang sesuai dengan sistem
perusahaan dicatat dan disimpan.



02 Memutakhirkan Pengetahuan Mengenai Daerah Tujuan Wisata

2.1 Penelitian formal dan informal digunakan untuk memutakhirkan
pengetahuan mengenai daerah tujuan wisata dan produk umum.

2.2 Umpan balik mengenai pengalaman daerah tujuan wisata baik dari kolega
maupun dari pelanggan dicari dan disediakan untuk organisasi lain apabila
sesuai.

2.3 Informasi mutakhir dibagi dengan kolega sesuai dengan prosedur
perusahaan.



03. Memberikan Informasi dan Saran Mengenai Daerah Tujuan Wisata

3.1 Kebutuhan informasi dan saran di identifikasi dengan akurat.

3.2 Informasi mengenai sejumlah daerah tujuan wisata, produk, dan saran umum
terkini serta akurat dalam waktu yang telah ditentukan diberikan sesuai
dengan prosedur organisasi.

3.3 Lingkup dan kedalaman informasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan
diperhatikan.

3.4 Informasi dan saran di sajikan dalam format dan gaya yang tepat


1. Pengetahuan tujuan wisata bisa termasuk tetapi tidak terbatas pada :

Bidang parawisata secara global

1.2 Letak Geografis

1.3 Sejarah

1.4 Ekonomi Setempat


1.5 Adat Istiadat setempat


1.6 Kekayaan daerah tertentu


1.7 Elemen-elemen kebudayaan


1.8 Kekayaan penduduk asli setempat misalnya pesta perayaan, hari-
hari besar.

1.9 Pertimbangan kesehatan dan keselamatan secara tepat


1.10 Faktor-faktor cuaca dan musim


1.11 Fasilitas-fasilitas setempat termasuk transportasi, akomodasi dan
makan diluar

1.12 Perbankan, informasi yang tersedia


2. Informasi mengenai produk umum boleh termasuk tetapi tidak termasuk pada:
2.1 Gaya-gaya produk yang tersedia didalam tujuan wisata

2.2 Produk musiman yang tersedia


3. Penelitian formal yang dan nonformal boleh termasuk tetapi tidak terbatas
pada :


3.1 Diskusi-diskusi informal dengan kolega

3.2 Pendidikan formal


3.3 Pembacaan Brosur-brosur


3.4 Perdagangan dan media umum


3.5 Permutakhiran dan peluncuran produk-produk


3.6 Seminar promosi


3.7 Kontak langsung dengan organisasi-organisasi lainnya.


3.8 Pembiasakan-pembiasakan


3.9 Pembacaan buku-buku panduan wisata


3.10 Penilaian melalui internet


3.11 CD ROM, Video


4. Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai:

Untuk menunjukkan kemampuan, bukti ketrampilan dan pengetahuan di bidang-bidang berikut ini, diperlukan:

4.1 Pencarian informasi pada tujuan-tujuan wisata

4.2 Pengetahuan akan jaringan-jaringan kerja dari industri informasi


4.3 Cara-cara khas dari individu-individu didalam memutakhirkan
pengetahuan mereka didalam industri pariwisata

4.4 Pengertian akan cara-cara pelanggan-pelanggan di dalam mencari

Informasi

KODE UNIT : PAR.UJ02.017.01

JUDUL UNIT : Mendapatkan dan Menginterpretasikan Informasi Produk


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkenaan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk mencari dan memberikan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata. Ini dapat digunakan dalam konteks domestik atau international

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengidentifikasi dan Mengakses Informasi Produk

1.1 Sumber informasi produk di identifikasi dan di dapatkan dengan benar.

1.2 Sumber informasi yang tepat dipilih sesuai dengan kebijakan perusahaan,
perjanjian dagang, dan kebutuhan tertentu.



02 Mennerjemahkan Informasi Produk

2.1 Sumber informasi yang tepat diterjemahkan dan diterapkan meliputi :


2.1.1 jadwal/rencana perjalanan,


2.1.2 brosur


2.2 Informasi produk khusus di terjemahkan dan diterapkan dengan benar yang meliputi :

2.2.1 biaya / tarif / harga,


2.2.2 kondisi dan peraturan,


2.2.3 informasi penjadwalan,


2.2.4 kode produk, dan


2.2.5 prosedur penempahan



03 Memberikan Saran tentang Produk

3.1 Kebutuhan informasi dan saran mengenai produk di identifikasi secara
akurat.


3.2 Saran dan informasi produk yang terkini dan akurat disediakan secara tepat
waktu.


3.3 Lingkup dan kedalaman informasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
diperhatikan.


3.4 Informasi dan saran diberikan dalam format dan gaya yang tepat.



1 Sumber dari informasi produk dapat termasuk tetapi tidak terbatas pada:

1.1 Brosur-brosur
1.2 Jadual
1.3 Komputer
1.4 Lembaran tarif
1.5 Tarif konfidensial.

2. Produk dapat meliputi hal berikut tetapi tidak terbatas pada:

2.1 Transportasi

2.2 Produk perjalanan


2.3 Kapal pesiar


2.4 Akomodasi


2.5 Atraksi (alami dan buatan)


2.6 Kegiatan khusus


2.7 Aktivitas hiburan/rekreasi


2.8 Fasilitas pameran/konferensi


2.9 Makanan dan minuman/catering


2.10 Jasa perbankan dan valas


3 Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai:

Untuk menunjukkan kemampuan, bukti ketrampilan dan pengetahuan di bidang-bidang berikut ini, diperlukan:

3.1 Kategori utama dari produk pariwisata

3.2 Istilah industri dan singkatan-singkatan umum dalam hubungannya
dengan kategori utama produk pariwisata
3.3 Prosedur umum dalam hubungannya dengan kategori utama produk
pariwisata
3.4 Persoalan khusus yang sah yang berhubungan dengan kategori produk
yang berbeda

KODE UNIT : PAR.UJ02.018.01

JUDUL UNIT : Menjual Produk dan Jasa Pariwisata


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjual produk dan jasa pariwisata secara
proaktif dalam sejumlah konteks industri

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan

1.1 Kebutuhan dan keinginan pelanggan, termasuk kebutuhan budaya secara
akurat di identifikasi.


1.2 Hubungan yang baik dengan pelanggan dibina untuk menunjukkan niat yang
baik dan membangun kepercayaan.


02 Menyarankan Produk untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

2.1 Apabila diperlukan penelitian dilakukan, untuk mendapatkan informasi guna
memenuhi kebutuhan khusus dari pelanggan.


2.2 Produk pilihan dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.


2.3 Apabila diperlukan usulan yang sesuai diberikan dengan fokus promosi
perusahaan terkini dan pengaturan produk yang disukai,


2.4 Pelanggan dibuat agar menyadari akan adanya produk tambahan dan pilihan
yang dapat menambah jadwal perjalanan mereka.


2.5 Pilihan disediakan dalam jangka waktu yang tepat atau yang telah disetujui.


2.6 Secara jelas diterangka dan dipromosikan keistimewaan dan manfaat produk
kepada pelanggan.


2.7 Pilihan dalam format dan gaya yang paling tepat diberikan kepada pelanggan
tertentu dan yang sesuai dengan prosedur perusahaan.


2.8 Informasi tambahan disediakan untuk menjawab pertanyaaan dan keberatan
pelanggan.


2.9 Teknik dipilih dan digunakan pada waktu yang tepat, jika diperlukan, untuk
dapat melakukan penjualan.


03. Menindaklanjuti Peluang Penjualan

3.1 Jika diperlukan hubungan dengan pelanggan ditindaklanjuti.


3.2 Jika diperlukan layanan purnajual yang sesuai dengan prosedur perusahaan
disediakan.



Unit ini dapat digunakan dalam konteks domestik maupun internasional.

1. Penjualan dapat berupa:

1.1 Berhadapan langsung

1.2 Melalui komputer


1.3 Melalui telepon


1.4 Secara tertulis


1.5 Berhubungan dengan penjualan yang dituju


1.6 Berhubungan dengan penjualan produk khusus


2. Kebutuhan dan keinginan khusus pelanggan dapat berhubungan dengan:

2.1 Pilihan akan budaya/nasional yang berbeda

2.2 Satus keluarga

2.3 Umur
2.4 Jenis kelamin
2.5 Dana yang tersedia
2.6 Waktu yang tersedia
2.7 Minat khusus.

3. Produk dan jasa dapat berupa, namun tidak terbatas pada:

3.1 Transportasi

3.2 Akomodasi


3.3 Paket tour


3.4 Pencatatan pemesanan pertunjukan


3.5 Kegiatan khusus


3.6 Aktivitas-aktivitas


3.7 Atraksi


3.8 Fasilitas konferensi


3.9 Penyewaan kendaraan


3.10 Asuransi perjalanan.


4. Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai

Untuk menunjukkan kemampuan, bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang-bidang berikut ini, diperlukan:

1.1 Keterampilan dalam menjual

1.2 Komunikasi, terutama mendengarkan dan memberikan pertanyaan secara
aktif


1.3 Penerapan yang dapat dipercaya dan sah akan penjualan produk pariwisata
yang tepat untuk sektor-sektor khusus


1.4 Pengetahuan produk yang tepat bagi perusahaan maupun sektor industri


KODE UNIT : PAR.UJ02.019.01

JUDUL UNIT : Menerima dan Memproses Sistem Penempahan (Reservation

System)

DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menerima dan memproses penempahan
produk dan jasa pariwisata. Fokus penjualan untuk staf yang
menangani penempahan terdapat pada Unit “Menjual Produk
dan Jasa Pariwisata”.

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Menerima Permintaan Penempahan (Reservation)

1.1 Tersedianya permintaan penempahan ditentukan secara benar dan
diberitahukan kepada pelanggan dengan sopan.


1.2 Pilihan lain ditawarkan termasuk pilihan dalam daftar tunggu, apabila
penempahan tidak tersedia.


1.3 Pertanyaan mengenai biaya dan keistimewaan produk lain dijawab..

02 Mencatat Rincian Penempahan (Reservation )

2.1 Jika tersedia riwayat pelanggan, dan informasi tersebut digunakan untuk
membantu penempahan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.


2.2 Keterangan rinci dari pelanggan dicatat secara akurat dalam catatan
penempahan.


2.3 Permintaan khusus dicatat secara jelas dan akurat sesuai dengan persyaratan
perusahaan.


2.4 Rincian pembayaran dicatat dengan akurat.


2.5 Rincian penempahan dengan pelanggan ditegaskan dan disepakati


2.6 Penempahan dilengkapi dan diarsipkan sedemikian rupa sehingga dapat
diakses dan diinterpretasikan dengan mudah oleh karyawan lain.



03 Memutakhirkan Penempahan (Reservation)

3.1 Penerimaan pembayaran dicatat dan diproses sesuai dengan prosdur
perusahaan.


3.2 Pembatalan dan perubahan atas penempahan dicatat secara akurat sesuai
dengan permintaan pelanggan dan prosedur perusahaan.


04 Memberikan informasi mengenai perincian


4.1 Informasi mengenai permintaan pelanggan secara umum dan khusus serta
perincian penempahan diberikan kepada bagian dan



Pemesanan tempat dapat berupa produk dan jasa domestik dan internasional.

1. Pelanggan dapat berupa:

1.1 Pelanggan dari industri

1.2 Pemakai akhir jasa


2. Pemesanan tempat dapat dilakukan melalui:

2.1 Telepon
2.2 Faksimili
2.3 Surat
2.4 Bertemu langsung (berhadapan)
2.5 Komputer (E-mail, internet)

3. Pemesanan tempat dapat dilakukan untuk:

3.1 Individu/perorangan

3.2 Group/kelompok


3.3 VIP


3.4 Delegasi konferensi


4. Permintaan/pemesanan tempat pelanggan secara rinci, baik secara umum
maupun khusus dapat termasuk, tetapi tidak terbatas pada:


4.1 Permintaan-permintaan khusus

4.2 Perincian permintaan waktu


4.3 Keperluan-keperluan khusus


44 Pengaturan-pengaturan pembayaran


4.5 Informasi dari type pelanggan, seperti group dengan minat khusus,
status VIP

4.6 Penggunaan jasa-jasa lainnya secara rinci


5. Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai :

Untuk menunjukkan kemampuan, bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang-bidang berikut ini, diperlukan:

5.1 Pengetahuan akan produk yang sesuai dengan sektor industri khusus

5.2 Istilah pencatatan dan pemesanan tempat


5.3 Hubungan antara sektor-sektor yang berbeda dari industri pariwisata
dalam kaitannya dengan pencatatan dan pemesanan tempat termasuk
sumber dari pemesanan tempat untuk sektor yang berlainan

5.4 Prinsip-prinsip yang mendukung prosedur pemesanan tempat




KODE UNIT : PAR.UJ02.020.01

JUDUL UNIT : Mencatat dan Mengoordinasikan Jasa Pemasok


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperlukan dalam mencatat serta mengoordinasikan jasa-jasa pemasok dalam sejumlah konteks industri pariwisata yang beragam.

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengidentifikasi Persyaratan Penempahan

1.1 Jasa yang akan dipesan di identifikasi berdasarkan permintaan pelanggan
atau perusahaan.


1.2 Apabila diperlukan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan
perusahaan dipilih dan dikombinasikan


1.3 Apabila diperlukan data pelanggan dicatat dengan tepat.



02 Meminta Jasa Layanan

2.1 Jasa layanan dari pemasok diminta sesuai dengan prosedur dan kebijakan
perusahaan termasuk :

2.1.1 biaya,

2.2.1 persyaratan pembayaran,


2.3.1 keterangan rinci mengenai pelanggan.


2.4.1 jenis jasa yang akan diberikan,


2.5.1 permintaan atau persyaratan khusus.


2.2 Jasa layanan berganda diminta dalam urutan yang paling praktis.


2.3 Pilihan lain dicari apabila penempahan yang diminta tidak tersedia dan
mengidentifikasi serta melaksanakan akibat pilihan tersebut.


03 Mencatat Permintaan dan Konfirmasi

3.1 Rincian penempahan dicatat , termasuk permintaan dan konfirmasi serta
mengarsipkannya sesuai dengan prosedur perusahaan.


3.2 Kegiatan yang harus dilaksanakan berkaitan dengan penempahan dicatat dan
dijadwalkan sesuai sistem dan/atau prosedur perusahaan.



04 Memutakhirkan dan Menyelesaikan Penempahan

4.1 Penyesuaian penempahan dibuat dengan akurat dan mencatatnya sesuai
dengan prosedur perusahaan.


4.2 Persyaratan pembayaran dilaksanakan dan dicatat dalam kurun waktu
tertentu sesuai



KODE UNIT : PAR.UJ02.021.01

JUDUL UNIT : Mengoperasikan Sistem Penempahan dengan Mnggunakan

Komputer (Computer Reservation System)

DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem penempahan komputer untuk sejumlah produk dan jasa pariwisata. Sistem berbeda-beda tergantung dari perusahaan dan sektor industri

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengakses dan Menggu- nakan Informasi dari Sistem Penempahan Komputer
(SPK)


1.1 Tampilan Sistem Penempahan Komputer diakses dan di interpretasikan
dengan teliti.


1.2 Keistimewaan Sistem Penempahan Komputer digunakan ntuk mengakses
sejumlah informasi termasuk :


1.2.1 biaya,


1.2.2 ketersediaan


1.2.3 informasi produk


1.2.4 peraturan mengenai produk


1.2.5 informasi umum mengenai industri



02 Membuat dan Memproses Penempahan Melalui Sistem Penempahan Komputer

2.1 Penempahan baru dibuat dengan teliti sesuai dengan prosedur system.

2.2 Semua data yang diperlukan dicatat dengan teliti


2.3 Penempahan sebagaimana mestinya diperbaharui, diubah dan disimpan
dengan teliti.


2.4 Data penempahan dicetak dengan tepat apabila diperlukan

03. Mengirim dan Menerima Komunikasi Melalui Sistem Penempahan Komputer


3.1 Komunikasi dengan kolega dibuat dan diproses melalui Sistem Penempahan
Komputer.


3.2 Komunikasi dengan kolega industri di akses pada waktu yang tepat dan
diterjemahkan dengan tepat


KODE UNIT : PAR.UJ02.022.01

JUDUL UNIT : Memproses Dokumen Perjalanan Darat dan Laut


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk memproses sejumlah dokumen yang umum digunakan di dalam industri pariwisata. Ini tidak termasuk dokumen untuk penerbangan

. ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Menginterpretasikan Informasi yang Dibutuhkan untuk Memproses Dokumen

1.1 Sumber informasi industri dan dokumen Di interpretasikan dengan tepat
termasuk :


1.1.1 jadwal perjalanan


1.1.2 data penempahan (manual atau melalui komputer)


1.1.3 informasi brosur


1.1.4 daftar harga


1.1.5 petunjuk tentang visa



02. Memproses Dokumen

2.1 Dokumen diproses dengan benar dan dalam waktu yang telah ditentukan .


2.2 Semua data yang diperlukan dicatat dengan tepat dalam dokumen


2.3 Kalkulasi dibuat dengan akurat


2.4 Keakuratan dokumen diperiksa sebelum diterbitkan


2.5 Kupon (voucher) diproses dengan benar sesuai dengan prosedur perusahaan
dan industri


1. Dokumen – dokumen ini dapat berbeda didalam sector industri termasuk :

1.1 Voucher Akomodasi

1.2 Ticket Bus dan kereta api


1.3 Voucher penyewa mobil / sepeda motor


1.4 Voucher perjalanan laut


1.5 Voucher Tur / wisata


1.6 Voucher untuk masuk atraksi / taman – taman hiburan


1.7 Dokumen asuransi perjalanan


1.8 Voucher konfirmasi


1.9 Voucher komisi


1.10 Formulir Visa


1.11 Formulir Passport


1.12 Permohonan Travel Cheque


1.13 Itineraries / Rencana – rencana perjalanan


1.14 Profarma


1.15 Penjualan kembali


2. Pengetahuan dan Keterampilan Yang Harus Dikuasai:

Untuk menunjukan kemampuan, bukti ketrampilan dan pengetahuan di bidang
bidang berikut ini, diperlukan:

2.1 Dasar – dasar dan prosedur pendukung dalam proses dokumen

2.2 Bentuk – bentuk dan proforma dokumen yang dipergunakan pada Industri
Pariwisata

2.3 Keterampilan dasar ntuk penomoran



KODE UNIT : PAR.UJ02.023.01


JUDUL UNIT : Menghitung Harga dan Menyiapkan Tiket Penerbangan Domestik


DESKRIPSI UNIT : Unit ini menjelaskan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menghitung harga serta menyiapkan tiket penerbangan domestik

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Menginterprestasi Informasi Mengenai Biaya Penerbangan Domestik

1.1 Sumber informasi mengenai harga penerbangan di identifikasi dan
didapatkan termasuk :


1.1.1 buku petunjuk perusahaan penerbangan


1.1.2 buku manual harga


1.1.3 data di komputer


1.1.4 informasi umum dari perusahaan penerbangan


1.2 Informasi mengenai harga dan panduan harga di interpretasikan secara
benar termasuk :


1.2.1 kode kota


1.2.2 kode perusahaan penerbangan


1.2.3 basis harga


1.2.4 harga normal


1.2.5 harga diskon dan promosi


1.2.6 Pajak



02. Menghitung Harga serta Biaya Penerbangan Domestik dan Rute Perjalanan

2.1 Harga dan rute dihitung secara akurat sesuai dengan kebutuhan pelanggan
termasuk :


2.1.1 harga per sektor


2.1.2 harga rute langsung


2.1.3 harga kelas campuran


2.1.4 harga penerbangan pulang pergi


2.1.5 harga perjalanan keliling dan open jaw


2.1.6 harga tiket termasuk tiket tanpa batas waktu dan segmen yang
menggunakan sarana lain


2.2 Harga tiket penerbangan yang terbaik dan mempunyai manfaat perjalanan
bagi pelanggan dihitung.


2.3 Jadwal penerbangan digunakan


2.4 Biaya secara akurat dikalkulasikan dan diberikan kepada pelanggan disertai
dengan penjelasan mengenai syarat-syarat yang terkandung di dalam biaya
tersebut



03. Memproses Dokumen Penerbangan Domestik

3.1 Semua data dicatat secara jelas pada dokumen sesuai dengan peraturan IATA
termasuk :


3.1.1 tiket


3.1.2 miscelleanous charge orders (MCO)


3.1.3 prepaid ticket advice


3.1.4 formulir untuk pembayaran dengan kartu kredit


3.2 Kupon diproses sesuai dengan ketentuan perusahaan IATA dan prosedur
rencana penagihan dan penyelesaian rekening.


3.3 Pengembalian diproses sesuai dengan ketentuan perusahaan IATA dan
prosedur rencana penagihan dan penyelesaian rekening apabila diperlukan



KODE UNIT : PAR.UJ02.0.024.01

JUDUL UNIT : Menghitung dan Menyiapkan Tiket Normal Penerbangan Internasional


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menghitung dan menyiapkan tiket normal
udara internasional

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Menginterpretasikan Informasi Mengenai Harga Penerbangan Internasional

1.1 Sumber informasi harga penerbangan internasional diidentifikasi dan
didapatkan.


1.2 Informasi harga penerbangan internasional di interpretasikan termasuk :

1.2.1 wilayah IATA


1.2.2 indikator global

1.2.3 indikator penjualan internasional


1.2.4 istilah penerbangan internasional


1.2.5 peraturan dan batasan penerbangan udara secara umum



02 Menghitung Tiket Penerbangan Internasional Harga penerbangan
international untuk perjalanan satu arah dan pulang pergi dihitung sesuai
dengan peraturan IATA termasuk :


2.1 sistem perhitungan berdasarkan jarak


2.2 peraturan Higher Intermediate Fare (HIF)

2.3 pengaturan ‘One Way Backhaul.’


2.4 minimum perjalanan keliling (circle trip minimum)


2.5 peraturan dasar mata uang dan peraturan international


2.6 jumlah pajak


2.7 biaya khusus dan biaya lain



03. Memproses Dokumen Perjalanan Udara Internasional

3.1 Semua data dicatat dengan teliti pada dokumen sesuai dengan peraturan
IATA yang mencakup


3.1.1 tiket


3.1.2 MCO


3.1.3 formulir kartu kredit


3.2 Kupon diproses sesuai dengan peraturan perusahaan IATA dan prosedur
rencana penagihan dan penyelesaian rekening dengan akurat



KODE UNIT : PAR.UJ02.025.01

JUDUL UNIT : Menghitung dan Menyiapkan Tiket Harga Promosi Penerbangan

Internasional

DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menghitung tiket harga promosi internasional atau harga khusus

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Menginterpretasi Informasi Tiket Harga Promosi

1.1 Sumber informasi dan tiket harga promosi di identifikasi dan didapatkan.


1.2 Peraturan tiket harga promosi di interpretasikan dengan benar.


1.3 Informasi mengenai harga bersih d iinterpretasikan dengan benar.

02. Menghitung Tarif Tiket Promosi


2.1 Tiket promosi dipilih secara benar sesuai dengan rute perjalanan.


2.2 Harga tarif tiket promosi dihitung dan diberitahu sesuai dengan peraturan
yang benar.


2.3 Biaya tambahan diterapkan dengan benar.


03 Memproses Doku-mentasi Tarif Promosi Tiket Penerbangan 3.1 Semua detail
pada dokumen dicatat sesuai dengan peraturan IATA termasuk :


3.1.1 tiket


3.1.2 MCO, dan


3.1.3 formulir pembayaran dengan kartu kredit.


3.2 Kupon (voucher) diproses sesuai dengan prosedur IATA dan rencana
penagihan dan penyelesaian rekening yang sesuai



KODE UNIT : PAR.UJ02.026.01


JUDUL UNIT : Menerapkan Peraturan dan Prosedur Biaya Penerbangan

Lanjutan

DESKRIPSI UNIT : Unit ini menjelaskan pengetahuan, keterampilan, dan sikap
yang diperlukan untuk menerapkan peraturan dan prosedur biaya udara lanjutan internasional.

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Menghitung Tarif Kelas Campuran

1.1 Pilihan untuk perpaduan kelas campuran di identifikasi dengan akurat .

1.2 Tiket kelas campuran dihitung dengan akurat dan mendokumentasikannya
sesuai dengan prosedur IATA.


02 Menghitung Tarif yang Berkaitan dengan Tambahan (Menggunakan Add On)

2.1 Table harga tambahan di interpretasikan dengan benar.

2.2 Tarif langsung, termasuk tambahan dihitung dengan akurat, dan
mendokumentasikannya sesuai dengan prosedur IATA



03 Menerapkan Minimum Checks

3.1 Minimum check diterapkan dengan benar menurut jadwal perjalanan yang
sesuai.


3.2 Biaya tiket dihitung dengan akurat dan mendokumentasikannya sesuai
dengan prosedur IATA


04 Menerbitkan Prepaid Ticket Advices International Prepaid tickect advices
international dihitung dengan akurat dan mendokumentasikannya untuk
perjalanan yang dimulai di luar negara tempat tiket tersebut dijual menurut
prosedur IATA


05 Menerapkan Peraturan Pembatasan Perjalanan Tidak Langsung (Indirect
Travel Limitation Rules)


5.1 Jadwal perjalanan yang tidak sesuai dengan peraturan pembatasan
perjalanan tidak langsung di identifikasi dengan benar.


5.2 Perjalanan sektoral dan perjalanan tambahan dihitung dengan benar dan
mendokumentasikannya sesuai dengan prosedur IATA



06 Menghitung Perjalanan Keliling Dunia

6.1 Jadwal perjalanan keliling dunia di identifikasi dengan benar.

6.2 Tarif dihitung dengan benar dan menerapkan round the world minimum
check sesuai dengan prosedur IATA.


07 Membentuk tarif untuk open jaw journeys

7.1 Acara perjalanan (itinerary) open jaw di identifikasi dengan benar.

7.2 Tarif perjalanan open jaw dihitung dengan benar sesuai dengan prosedur
IATA


KODE UNIT : PAR.UJ02.027.01

JUDUL UNIT : Melaksanakan Rencana Penagihan dan Penyelesaian Rekening.


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dituntut untuk melaksanakan rencana penagihan dan penyelesaian rekening

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Melaporkan Penjualan Penerbangan dan Pemba-yaran Kembali

1.1 Informasi dan dokumen yang diperlukan disusun untuk laporan rencana
penagihan dan penyelesaian rekening dalam waktu yang tepat.


1.2 Keakuratan dokumen diperiksa dan ketidaksesuaian di identifikasi serta
dimasukkan ke dalam laporan.


1.3 Salinan dokumen diproses dengan benar.


1.4 Pemberitahuan dan permohonan pembayaran kembali dilengkapai dengan
akurat apabila diperlukan.


1.5 Laporan rencana penagihan dan penyelesaian rekening dibuat dengan akurat
untuk melengkapi perincian transaksi.


02 Menyelesaikan Pembayaran Atas Tagihan


2.1 Pembayaran dihitung dengan tepat sesuai dengan prosedur rencana
penagihan dan penyelesaian rekening dan sistem penyesuaian.


2.2 Ketidaksesuaian di identifikasi dan ditanggapi sesuai dengan prosedur
rencana penagihan dan penyelesaian rekening.


2.3 Pembayaran dilakukan dalam batas waktu yang sudah ditetapkan


KODE UNIT : PAR.UJ02.028.01


JUDUL UNIT : Memelihara Inventaris Informasi Produk


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memelihara pesediaan informasi produk kepariwisataan. Ini hanya untuk penyelenggara dan agen wisata (tour operator/tour wholesaler).


ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01. Memperoleh dan Menginterpretasikan Informasi untuk Inventaris

1.1 Informasi diperoleh dari kolega internal dan eksternal untuk dimasukan ke
dalam inventaris.


1.2 Informasi di interpretasikan dengan benar dan meninjau kembali sebelum
memasukkan ke dalam inventaris


02 Memasukkan Data ke dalam Sistem Inventaris

2.1 Informasi dihitung terlebih dahulu dengan akurat sebelum memasukkan ke
dalam inventaris sesuai dengan prosedur perusahaan dan perjanjian dagang
apabila diperlukan.


2.2 Informasi diformat dengan tepat dan memasukkannya ke dalam sistem
inventaris sesuai dengan prosedur perusahaan dan perjanjian dagang.


03 Memperbarui Inventaris

3.1 Informasi inventaris diperbaharui dengan akurat pada waktu yang telah
ditentukan sesuai dengan prosedur perusahaan.


3.2 Penempahan, pembagian, atau permintaan dipantau


3.3 Informasi yang ketinggalan dari inventaris dikeluarkan dalam waktu yang
telah ditentukan.


04 Menyediakan Informasi Inventaris

4.1 Informasi, pembaruan, dan ringkasannya dibuat dalam waktu yang telah
ditetapkan.


4.2 Laporan dan informasi inventaris didistribusikan kepada kolega yang tepat
sesuai dengan prosedur perusahaan.


4.3 Bantuan yang berkenaan
dengan inventaris kepada kolega
disediakan.


KODE UNIT : PAR.UJ02.029.01

JUDUL UNIT : Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Lokal


DESKRIPSI UNIT : Unit ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan menanggapi permintaan pelanggan akan informasi dalam
lingkungan pariwisata dan hospitalitas secara efektif. Unit ini mencerminkan situasi sehingga penyediaan informasi bukanlah merupakan pekerjaan utama. Unit ini berkaitan dengan Unit: “Mencari dan Menyediakan Informasi dan Saran Mengenai Daerah Tujuan Wisata” sehingga penyediaan saran merupakan pekerjaan utama

ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA

01 Mengembangkan Pengetahuan Lokal

1.1 Sumber informasi akan daerah lokal di identifikasi dengan tepat dan
mendapatkannya .

1.2 Informasi dicatat dan diarsipkan untuk digunakan kemudian sebagaimana
diperlukan.


1.3 Informasi yang umumnya dibutuhkan oleh pelanggan di identifikasi dengan
benar dan memperolehnya termasuk :


1.3.1 informasi perusahaan.


1.3.2 transport local.


1.3.3 daya tarik lokal.


1.3.4 adat istiadat lokal.


1.3.5 peraturan lokal.

1.3.6 ekonomi local


02 Memperbarui Pengetahuan Lokal

2.1 Penelitian formal dan informal digunakan untuk memperbarui pengetahuan
lokal.


2.2 Pengetahuan yang mutakhir dibagi kepada pelanggan dan kolega
sebagaimana mestinya dan memasukkannya ke dalam kegiatan sehari- hari





Free Web Hosting with Website Builder
Free Web Hosting with Website Builder

Para Pembaca Yang Budiman!


Saya berbahagia mendapat kesempatan membagi ilmu dari jauh, tetapi Anda dekat di hati saya, untuk kesejahteraan Anda sekeluarga, beserta orang-orang yang memanfaatkannya, berkat bantuan dari Anda. Berarti, Anda bebas menyebar luaskan cuplikan “Ilmu Pariwisata” ini kepada sebanyak mungkin warga Indonesia.


Klik Praktek Memandu Wisatawan dan Panduan Pramuwisata untuk mencontoh tata cara seorang pramuwisata mengomentari obyek wisata (points of interest).


Sebagai contoh-contoh aktual lainnya, silakan klik Langkawi dan Pangkor.


Apabila koneksi internet Anda lambat, biarkan "YOU TUBE tersebut jalan sampai selesai. Sabar dulu! Suara dan gambarnya akan baik, tanpa terputus-putus, ketika Anda "REPLAY".


Tak lain harapan saya, kiranya Anda bersedia berdoa kepada Allah SWT, semoga Anda dan saya selalu mendapat berkah - Nya dan diampuni semua dosa kita di dunia dan di akhirat. Amin! Maafkan atas segala keterbatasan saya.


Terima kasih.


Drs. Noersal Samad, MA



Perlukan Indonesia mendirikan Sekolah Guru Pariwisata ?? Silakan klik!


For fun filled days, please click to visit the sites


This is also for you!

Just click 100% FREE, FREE, FREE!


Klik Bimbingan Bisnis Wisata Di Sini



100 Blog Indonesia Terbaik


ns

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda