Rabu, 29 Oktober 2008

Penelitian Pasar Pameran



PENELITIAN PASAR PAMERAN


Disajikan Oleh : Drs. Noersal Samad, MA


Salah satu tujuan kegiatan pemasaran suatu pameran adalah untuk menarik para pengunjung sebanyak mungkin. Agar sasaran ini bisa dicapai seperti yang diharapkan,maka sebelum pameran diadakan penelitian pasar harus dilakukan secermat mungkin. Berhasil tidaknya suatu pameran sangat tergantung kepada semua kegiatan penelitian pasar, yang terencana dan dilaksanakan dengan baik, serta pemasaran paneran tersebut sesuai dengan rencana. Kedua kegiatan ini saling kait berkait.


Hasil penelitian pasar akan membantu pihak penyelenggara dalam menentukan tempat pameran yang cocok, menyusun perencanaan, program, publikasi, informasi, acara-acara, dan interpretasi yang diperlukan.


Pengevaluasian respons para pengunjung terhadap suatu pameran sangat dipermudah dengan adanya hasil penelitian pasar ini. Selain dari itu, perbaikan/penyempurnaan penyelenggaraan pameran yang akan datang bisa dilakukan sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.


INFORMASI YANG DIPERLUKAN


Langkah pertama dalam setiap penelitian pasar adalah menentukan sasarannya. Informasi apa yang diperlukan? Mengapa kita membutuhkan informasi itu? Dan bagaimana kita mempergunakan informasi tersebut? Penelitian pasar dapat dimanfaatkan untuk :

¯ Bisa tidaknya tempat pameran itu dipakai

¯ Perlu tidaknya suatu kegiatan dilakukan

¯ Menemukenali profil atau karakter pasar yang ada

¯ Menemukenali besar kecilnya dan karakter pasar yang berpotensi

¯ Menemukenali kebutuhan, keinginan, sikap, dan motivasi para calon pengunjung

¯ Menilai reaksi para pengunjung terhadap pameran itu


KECOCOKAN TEMPAT PAMERAN DAN KEGIATAN


Berdasarkan pengalaman, kita dapat membuat statistik mengenai :

¯ Jumlah (berapa kali) kunjungan sebelumnya

¯ Besarnya pasar yang sesungguhnya

¯ Besarnya pasar yang berpotensi

¯ Jumlah para pengunjung yang datang secara tetap

¯ Keberhasilan tempat pameran menarik para calon pengunjung


PROFIL ATAU KARAKTER PASAR YANG ADA


Dengan mengetahui :

¯ Umur para pengunjung

¯ Jenis kelamin

¯ Perbandingan antara pengunjung pris, wanita dan anak-anak

¯ Kegemaran (hobby) mereka

¯ Profesi mereka

¯ Dengan siapa mereka datang

¯ Apa yang merangsang mereka datang

¯ Pendapat mereka tentang barang yang dipamerkan, tempat pameran dan pelayanannya

¯ Apa saja yang mereka sukai dan yang tidak disukai

¯ Berapa kali mereka mengunjungi pameran itu

¯ Kegiatan mereka pada waktu senggang

¯ Dimana mereka tinggal dan bekerja

¯ Kemana mereka pergi untuk memperoleh informasi kesenian umumnya dan benda-benda seni khususnya

¯ Dari mana mereka mengetahui adanya pameran


Kita akan terbantu membuat gambaran tentang pasar yang ada. Kita dapat menyiapkan, mengkomunikasikan dan menginterpretasikan informasi serta pembuatan bahan-bahan promosi pameran secara baik dan tepat.


Dengan demikian, perencanaan dan pelaksanaan pemasaran pameran, program-program, acara-acara, penyiapan tempat pameran, perlengkapan, fasilitas dan keputusan-keputusan, sebelum, selagi dan sesudah pameranm yang perlu diambil bisa dilakukan secara efisien dan efektif.


PENEMUKENALI KEBUTUHAN, KEINGINAN, SIKAP DAN MOTIVASI PENGUNJUNG


Dengan menanyai para pengunjung tentang :

¯ Apa yang mereka sukai mengenai tempat dan barang pameran

¯ Apa yang mereka tidak sukai

¯ Penambahan apa yang mereka ingini

¯ Saran-saran yang diberikan

¯ Citra orang-orang yang tidak mengunjungi pameran

Bisa membantu para pelaksana pameran menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada dan sekaligus bisa membuat rencana perbaikan yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada masa-masa yang akan datang.


PENILAIAN REAKSI/TANGGAPAN PENGUNJUNG


Dengan menilai

¯ Jumlah pengunjung

¯ Berapa lama mereka berada di tempat pameran

¯ Bagaimana pengaturan tata ruang dan pemanfaatan ruang yang ada

¯ Bagaimana mereka mempergunakan interpretasi dan tanggapan mereka terhadapnya

¯ Bagaimana tanggapan/pendapat mereka tentang pameran

akan dapat membantu penilaian pameran apakah sasaran yang ditentukan tercapai atau tidak, respons para pengunjung dan untuk pengambilan langkah-langkah yang diperlukan guna penyempurnaan/perbaikan pelaksanaan pameran pada masa mendatang


DOKUMENTASI INTERNAL SEBAGAI DATA SEKUNDER


Bisa dianalisa secara cermat, informasi yang sangat bernilai bisa diperoleh dari :

¯ Buku-buku arsip mengenai para pengunjung

¯ Catatan/dokumentasi mengenai ke luar masuk para pengunjung di pintu gerbang masuk dan keluar serta tempat penjualan karcis

¯ Umpan balik dari staf pelaksana dan relawan

¯ Kartu isian/blanko atau kuesioner berisikan pendapat/saran pengunjung

¯ Kotak saran

¯ Arsip penjualan


METODE PENELITIAN PASAR


Dalam penelitian pasar untuk pameran perlu diingat agar :

¯ Sasaran penelitian pasar Anda harus jelas

¯ Ditentukan cara-cara penganalisaan data jauh-jauh hari

¯ Jelas bagian pasar mana yang Anda teliti

¯ Tidak mengumpulkan terlalu banyak data dalam sekali penelitian


INFORMASI PENDAHULUAN


[01] Daftar nama berisikan : nama, alamat, nomor telepon, fax dan alamat E-mail dari :

¯ Pengatur pameran

¯ Konsultan, pakar yang bisa membantu

¯ Penanggung jawab tempat pameran (venue)

¯ Karyawan/petugas di bindan pendidikan, publikasi, bongkar pasang, transportasi, keamanan, pabean, perlengkapan dan semua fasilitas yang diperlukan.



[02] PENYANDANG DANA


Arsip mengenai sponsor dan penyandang dana berisikan :

¯ Profil mitra dan sponsor pembantu dana

¯ Penanggung jawab penghimpun dana

¯ Ketentuan-ketentuan mengenai pendanaan

¯ Konsesi atau imbalan promosi yang diberikan kepada sponsor


[03] TANGGAL PELAKSANAAN


Penentuan tanggal untuk :

¯ Masa pelaksaan pameran

¯ Waktu bongkar dan penggudangan barang pameran

¯ Waktu pemasangan dan pengaturan tempat dan barang pameran

¯ Waktu pembongkaran tempat pameran dan pengepakan barang-barang pameran


[04] ISI INFORMASI


Informasi berisikan :

¯ Uraian mengenai tema dan pesan

¯ Inventari pameran

¯ Profil lingkungan pameran

¯ Rancangan mengenai petunjuk/persyaratan pemeriksaan bongkar dan pengepakan barang pameran

¯ Teks panel, kapsion, dan label

¯ Foto-fot dan slides

¯ Ruang pameran yang ditentukan penyelenggara pameran

¯ Perlengkapan tempat pameran termasuk tulisan dan dekorasi yang bisa disediakan penyelenggaran pameran

¯ Daftar barang-barang yang mudah terbakar beserta petunjuk-petunjuk mengenai pengamanannya



[05] KEBUTUHAN RUANG PAMERAN


Fasilitas yang diperlukan mencakup :

¯ Ukuran ruang, lantai dan dinding tempat pameran (booth) masing-masing yang dialokasikan kepada pemamer (exhibitor)

¯ Tata letak (denah) tempat/ruang pameran

¯ Tata ruang pameran

¯ Kemungkinan memamerkan barang yang berukuran melebihi ukuran atau berat standar

¯ Pengaturan tata lampu dan pelistrikan

¯ Besar daya listrik terpasang

¯ Penjagaan dan pemeliharaan barang pameran

¯ Peralatan dan perlengkapan yang disediakan venue

¯ Petugas/karyawan yang disediakan

¯ Petugas keamanan

¯ Penataan lingkungan (keselamatan dan kesehatan)


[06] TRANSPORTASI


Penggunaan transportasi memerlukan :

¯ Manifest transport

¯ Waktu dan tanggal mulai dipergunakan, jenis dan nama angkutan serta biayanya

¯ Waktu pengembalian angkutan yang dipakai

¯ Persyaratan angkutan yang dibutuhkan : ukuran, berat, waktu, karyawan, pengawasan, pengamanan, kesehatan dan keselamatan termasuk pengasuransian

¯ Pencapaian atau cara menghubungi tempat kendaraan (pool atau tempat parkir)

¯ Perlengkapan-perlengkapan termasuk alat untuk bongkar muat yang dapat disediakan perusahaan angkutan atau/dan venue



[07] BONGKAR PASANG RUANG PAMER (BOOTH)


Untuk bongkar pasar ruang pameran memerlukan dokumen berikut :

¯ Petunjuk mengenai isi peti dan cara-cara pengepakan

¯ Petunjuk mengenai cara-cara mengeluarkan dari peti, pemindahan, penggudangan/penyimpanan dan pengaturan/penyusunan barang-barang pameran

¯ Petunujuk dan diagram perakitan/pemasangan/pembongkaran beserta perlengkapannya dan foto barang lengkap (setelah terpasang)

¯ Alat-alat yang dibutuhkan : apa, jenis dan kapan diperlukan

¯ Tanggal dan waktu para petugas diperlukan bias disediakan beserta ketentuan mengenai upah atau besarnya honorarium masing-masing mereka

¯ Tanggal dan waktu ruang pameran harus siap

¯ Tanggal dan waktu pembongkaran barang dan siapa yang melakukannya

¯ Pemeriksaan kondisi barang dan orang yang melakukannya

¯ Tanggal dan waktu pembongkaran ruang pameran dan siapa yang melakukannya

¯ Tanggal dan penelitian kondisi barang yang telah dipamerkan dan siapa yang melakukannya

¯ Penggudangan semua barang pameran sewaktu tiba, pengamanannya, penjagaan temperature dan kondisi ruang gudang sesuai dengan persyaratan masing-masing barang pameran, pengeluaran dari gudang sewaktu akan dipamerkan dan sesudah pameran

¯ Penyimpanan barang-barang sisa/belum dipamerkan

¯ Penyimpanan, pemeliharaan/penjagaan kondisi dan pengamanan kotak, peti, serta alat-alat pembungkus/pengepakan barang-barang pameran yang akan dipergunakan kembali setelah pameran

¯ Cadangan alat-alat/perlengkapan seperti bola lampu dsb


[08] PENGASURANSIAN


Dokumentasi yang diperlukan untuk pengasuransian :

¯ Daftar barang dan pemilik yang akan mengasuransikan

¯ Petunjuk mengenai jenis dan persyaratan masing-masing

¯ Penjelasan mengenai siapa yang bertanggung jawab sewaktu barang telah tiba di area pameran, sewaktu bongkar muat, digudang dan selama pameran. Pemilikkah atau pihak penyelenggara (venue)?

¯ Dokumen mengenai pencegahan kebakaran

¯ Tanda-tanda bahaya kebakaran

¯ Pemadam kebakaran

¯ Tanda/surat pemeriksaan pejabat yang berwenang terhadap keamanan dari kebakaran

¯ Petunjuk megenai penyelamatan orang/pengunjung dan benda-benda yang dipamerkan

¯ Petunjuk penyediaan dan penggunaan alat-alat penyelamat atau cara-cara mengatasi keadaan darurat/bahaya

¯ Prioritas yang dilakukan sewaktu penyelamatan

¯ Tanggung jawab asuransi, besarnya premi, jumlah ganti rugi dan persyaratannya


Lanjutan klik di sini


======ooooo NS ooooo======




Free Web Hosting with Website Builder
Free Web Hosting with Website Builder


Para Pembaca Yang Budiman!


Saya berbahagia mendapat kesempatan membagi ilmu dari jauh, tetapi Anda dekat di hati saya, untuk kesejahteraan Anda sekeluarga, beserta orang-orang yang memanfaatkannya, berkat bantuan dari Anda. Berarti, Anda bebas menyebar luaskan cuplikan “Ilmu Pariwisata” ini kepada sebanyak mungkin warga Indonesia.


Klik Praktek Memandu Wisatawan dan Panduan Pramuwisata untuk mencontoh tata cara seorang pramuwisata mengomentari obyek wisata (points of interest).


Sebagai contoh-contoh aktual lainnya, silakan klik Langkawi dan Pangkor.


Apabila koneksi internet Anda lambat, biarkan "YOU TUBE tersebut jalan sampai selesai. Sabar dulu! Suara dan gambarnya akan baik, tanpa terputus-putus, ketika Anda "REPLAY".


Tak lain harapan saya, kiranya Anda bersedia berdoa kepada Allah SWT, semoga Anda dan saya selalu mendapat berkah - Nya dan diampuni semua dosa kita di dunia dan di akhirat. Amin! Maafkan atas segala keterbatasan saya.


Terima kasih.


Drs. Noersal Samad, MA



Perlukan Indonesia mendirikan Sekolah Guru Pariwisata ?? Silakan klik!


For fun filled days, please click to visit the sites


This is also for you!

Just click 100% FREE, FREE, FREE!


Klik Bimbingan Bisnis Wisata Di Sini



100 Blog Indonesia Terbaik


ns

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda