Minggu, 12 Juli 2009

SERTIFIKAT SKKNI






i-tutor.net merupakan salah program I Love My Country Indonesia (ILMCI. COM) yang sukses mendapat rekomendasi WORLD BANK. Silakan klik link di bawah ini!

* Latar Belakang Kerjasama Pemda Kabupaten Bener Meriah dengan i-tutor

* Klik di sini untuk melihat rekomendasi World Bank

* Download Company profile i-tutor group untuk melihat keberhasilan i-tutor lainnya

Sampai saat ini i-tutor.net sendiri telah tersebar lebih dari 700 cabang di seluruh Indonesia, dari sejak i-tutor.net menjadi suatu sistem Lisensi pada tahun 2006.


Mau Dapat Mobil

Chery QQ?

Kenalkan teman-teman atau orang terdekat Anda untuk membuat akun di ILMCI.

01) Hadiah akan diberikan kepada sponsor dengan direct downline (Level 1) terbanyak.

02) Hadiah mobil akan diberikan setiap tahun berdasarkan perhitungan jumlah Level 1 terbanyak.

03) Perhitungan sponsorship dilakukan pada tahun yang sedang berjalan, dan akan dihitung ulang mulai tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

04) Pemenang akan mendapatkan pemberitahuan melalui ilmci Mail, e-mail pemberitahuan pemenang akan dikirimkan oleh support@ilmci.com dan sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

05) Hadiah diambil langsung ke Kantor Pusat ILMCI atau dapat dikirim ke alamat pemenang (pajak ditanggung pemenang).


Mari Bergabung Dengan

I
Love My Country

I
ndonesia
(ILMCI.com)

Untuk Mencerdaskan

Anak - Anak &

Cucu- Cucu Kita !




Free 1GB Webmail
Mau punya email pribadi dengan inbox 1GB + hadiah bulanan?


Email Sponsor: noersal@ilmci.com

diperlukan ketika Anda mengisi

formulir pendaftaran email ilmci.com

dan sewaktu mengisi formulir BURSA BISNIS ILMCI,

cantumkan Sponsor's ID Number Anda berikut:

0340 3440 9876 3426


Info rinci, silakan download marketing kits = rezeki (amal + hadiah + uang) Anda melalui link berikut:

01. Brosur

02. Dokumen Kerjasama

03. Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) BBI

04. Proposal-proposal




TUTORIAL KOMPREHENSIF BISNIS WISATA, Pertama ONLINE di Indonesia

Insya Allah, diluncurkan bulan depan!

Bulan depan diluncurkan, insya Allah!

<>

a) Home-based travel agent

b) Pramuwisata (Tourist Guide)(Kabupaten/kota)

c) Pengatur Wisata (Tour Director) (Provinsi / Mancanegara)


Tutored by Drs. Noersal Samad, MA

Penyaji Blog Tutorial Bisnis Wisata ini.



Welcome to my blog!


Total page views up to now:


TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE bertujuan membekali kompetensi yang diperlukan para calon & karyawan adilaksana (professional), mulai dari tingkat bawah (subordinates)sampai ke pucuk pimpinan (CEO), pebisnis yang mengelola Bisnis Wisata khususnya, dan komponen-komponen Industri Pariwisata pendukung pertumbuhan dan pengembangan kepariwisataan (tourism stakeholders) Indonesia pada umumnya.


Kompetensi (professional competencies) yang selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) tersebut mencakup:


01) uraian tugas (tasks),

02) pengetahuan umum mendasar (general and essential) terpadu dengan pengetahuan khusus penunjang profesi (fully integrated with specialized professional knowledge),

03) ketrampilan (skills),

04) kemampuan (abilities),

05) kegiatan kerja (work activities),

06) kaitan kerja (work context),

07) minat (interest) dan

08) nilai/ethos kerja (work values).


NOTE: Bahan pelajaran yang berbahasa Inggris, bersumber dari internet, akan dijelaskan dalam Bahasa Indonesia, dengan harapan para peserta mampu mendapatkan Sertifikat Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Kegunaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang telah disusun dan telah mendapatkan pengakuan oleh para pemangku kepentingan akan dirasa bermanfaat apabila telah terimplementasi secara konsisten.

Standar Kompetensi Kerja digunakan sebagai acuan untuk :


* Menyusun uraian pekerjaan.
* Menyusun dan mengembangkan program pelatihan dan sumber daya manusia.
* Menilai unjuk kerja seseorang.
* Sertifikasi profesi di tempat kerja.

Dengan dikuasainya kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka seseorang mampu :

* Mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.
* Mengorganisasikan agar pekerjaan dapat dilaksanakan.
* Menentukan langkah apa yang harus dilakukan pada saat terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula.
* Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah atau melaksanakan tugas dengan kondisi yang berbeda


FORMAT STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA

Kode : Kode unit diisi dan ditetapkan dengan mengacu pada format kodifikasi SKKNI.

Judul : Mendefinisikan tugas/pekerjaan suatu unit kompetensi yang menggambarkan sebagian atau keseluruhan standar kompetensi.

Deskripsi Unit : Menjelaskan Judul Unit yang mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mencapai standar kompetensi

Elemen Kompetensi : Mengidentifikasi tugas-tugas yang harus dikerjakan untuk mencapai kompetensi berupa pernyataan yang menunjukkan komponen- komponen pendukung unit kompetensi sasaran apa yang harus dicapai .

Kriteria Unjuk Kerja : Menggambarkan kegiatan yang harus dikerjakan untuk memperagakan kompetensi di setiap elemen, apa yang harus dikerjakan pada waktu menilai dan apakah syarat-syarat dari elemen dipenuhi.

Batasan Variabel : Ruang lingkup, situasi dan kondisi dimana kriteria unjuk kerja diterapkan. Mendefinisikan situasi dari unit dan memberikan informasi lebih jauh tentang tingkat otonomi perlengkapan dan materi yang mungkin digunakan dan mengacu pada syarat-syarat yang ditetapkan, termasuk peraturan dan produk atau jasa yang dihasilkan.

Panduan Penilaian : Membantu menginterpretasikan dan menilai unit dengan mengkhususkan petunjuk nyata yang perlu dikumpulkan, untuk memperagakan kompetensi sesuai tingkat keterampilan yang digambarkan dalam kriteria unjuk kerja, yang meliputi :

- Pengetahuan dan keterampilan yang yang dibutuhkan untuk seseorang dinyatakan kompeten pada tingkatan tertentu.

- Ruang lingkup pengujian menyatakan dimana, bagaimana dan dengan metode apa pengujian seharusnya dilakukan.

- Aspek penting dari pengujian menjelaskan hal-hal pokok dari pengujian dan kunci pokok yang perlu dilihat pada waktu pengujian.

Kompetensi kunci : Keterampilan umum yang diperlukan agar kriteria unjuk kerja tercapai pada tingkatan kinerja yang dipersyaratkan untuk peran / fungsi pada suatu pekerjaan.
Kompetensi kunci meliputi:

- Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi.
- Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi.
- Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas.
- Bekerja dengan orang lain dan kelompok.
- Menggunakan ide-ide dan teknik matematika.
- Memecahkan masalah.
- Menggunakan teknologi.


Para peminat/pembaca blog ini diundang mendaftarkan


Nama: __________________________________________________

Email Utama:_____________________________________________


pada kotak KOMENTAR di bawah ini atau melalui email <ecoursadmin@gmail.com> untuk mendapatkan Sillabus masing-masing kursus di atas!


Mengingat jumlah peminat yang begitu besar, saya mohon maaf atas pembatasan jumlah peserta yang akan diterima. Pendaftaran ditutup beberapa hari sebelum peluncuran!


Terima kasih atas kesedian Anda mendaftar segera ….. supaya anda tidak kecewa.




Gulung Tikar atau Mati Pelan-Pelan



Disajikan oleh Drs. Noersal Samad, MA


Salah satu perusahaan jasa yang menjual produk wisata (travel & tour products) adalah biro perjalanan: Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agen Perjalanan Wisata (APW).


Sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Information & Communication Technology = ICT) BPW dan APW tumbuh dan berkembang secara tradisional dan/atau virtual.


Disebut BPW dan APW tradisional (traditional travel agency), karena mereka masih mempraktekkan pola tata usaha lama, sedikit sekali terpengaruh oleh kemajuan ICT. Sedangkan perusahaan virtual (web-based or virtual travel agency) selalu mengikuti perkembangan zaman dan mengaplikasikan ICT untuk memaksimalkan kinerja dan laba bisnis mereka.


Selain NITOUR Inc yang berdiri sejak tahun 1936, BPW dan APW mulai bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia pada tahun 1960-an. Tetapi, sejak tahun 1970-an satu demi satu BPW dan APW Indonesia mulai berguguran. Mengapa?


Benarkah BPW dan APW bisa dikelola dengan Ilmu Pariwisata ala kadarnya dan modal dengkul?


Pertanyaan di atas akan dijawab dan dianalisa secara tuntas dalam situs khusus << TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE >>


----------------- Side Bar ------------------------


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.


---------------------------------------------------------


Sejak tahun 1964, penyaji, sebagai karyawan NITOUR Inc., mencoba mengamati pertumbuhan dan perkembangan BPW dan APW, yang ada di dalam dan luar negeri. Hasil pengamatan dan penelitian tersebut diabdikan dalam bentuk pembelajaran pada Akademi Perhotelan & Kepariwisataan (A.P.K.) Trisakti, yang berlokasi di Grogol, Jakarta, D.K.I., sejak tahun 1971.



Pada tanggal 10 Oktober, 1971, penyaji, Noersal Samad, BA mengajukan USULAN, yang dilengkapi dengan kurikulum dan silabinya, untuk menambah Jurusan Kepariwisataan pada APK Trisakti. Pada tahun akademik 1972/1973, secara resmi APK Trisakti membuka Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (Tour& Travel Department).


Sebagai Ketua Jurusan UPW pertama pada APK Trisakti, Jakarta, ditunjuk Noersal Samad, BA, merangkap dosen tetap sejak Pebruari, 1972, yang merupakan Tahun Akademik pertama Jurusan UPW ini di Indonesia.


Penunjukan Ketua Jurusan ini, selain sebagai penggagas/ pengusul penambahan Jurusan UPW pada APK Trisakti, yang pada waktu itu baru bergelar BA, Sarjana Muda Pendidikan, IKIP Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Sriwijaya, dan Mantan Dosen Bahasa Inggris IAIN Palembang tahun 1961-1963, juga didasarkan atas pertimbangan pengalaman yang bersangkutan sebagai praktisi selama 8 tahun di NITOUR Inc. ditambah pendidikan tambahan pada tahun 1965, dari Lewis Training School yang membantu pendidikan para Anggota ASTA (American Society of Travel Agents largest network of travel ...)


Note: ASTA is an association of travel professionals and the companies whose products they sell, providing education, training, representation, and advocacy.


Bisnis Wisata Rumahan (Home-Based Tourist Business)


TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE memfokuskan penyajian modul-modul pelajaran Manajemen Acara (Event Organizer & PCO), Agen Kapal Pesiar (Cruise Agent), BPW dan APW (Tour Operator & Travel Agent) “modern” yang dikategorikan sebagai Home Web-Based Travel Business.


Para pengelola BPW & APW “tradisional”, mau tidak mau, sudah harus menyesuaikan diri, tanpa menunda-nunda lebih lama lagi. Kalau tidak, lambat laum perusahaan mereka akan mati pelan-pelan dan kemudian gulung tikar sama sekali.



Mengapa home-based atau web-based travel business?


Pemilik dan/atau pengelola bisnis wisata ini bisa berkantor di rumah. Dengan demikian, biaya pengelolaannya lebih hemat. Waktu operasinya bisa 24/7. Dua puluh empat jam, tujuh hari seminggu, tanpa tutup.


Para pengelola bisnis ini bisa terhindar dari hal-hal yang menjengkelkan dalam perjalanan menuju kantor. Terbebas dari stress yang bisa menyebabkan sakit jantung.Tidak perlu menghirup udara yang sudah kena polusi dan terjauh dari kecelakaan lalu lintas.


Selain dari itu, pengeluaran biaya untuk kendaraan, termasuk waktu, ke dan dari kantor bisa dihemat.


Pemanfaatan Aplikasi Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk Bisnis Pariwisata


Sewaktu menatar atau memberi kuliah saya sering mengajukan pertanyaan: Sebenarnya Biro Perjalanan Wisata itu menjual apa?


Setelah mendengarkan beberapa jawaban dari hadirin, saya memberikan sebuah jawaban singkat, yang tidak terduga oleh mereka, yaitu informasi. Informasi yang dikemas menjadi produk atau Info Products.


----------------------- Side Bar --------------------------


Note: BPW & APW miskin informasi akan tetap “miskin” dan tidak berkembang, akhirnya mati pelan-pelan dan gulung tikar.


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.

------------------------------------------------------------------


Dewasa ini, produk-produk yang dipasarkan melalui internet (online or internet marketing) sebagian besar merupakan info products, termasuk fasilitas penunjang mereka (software & hardware).


Jarang sekali transaksi bisnis terjadi, tanpa didahului pemberian informasi lengkap. Lebih baru suatu produk yang diper-dagangkan, lebih banyak informasi yang diperlukan calon pembeli.


Pebisnis piawai akan mempergunakan Ilmu Menjual atau Kewiraniagaan (Salesmanship) dan Ilmu Mengenal Barang (Product Knowledge) ketika melakukan kegiatan jual beli.


Pramuniaga yang melayani pelanggan harus paham betul pengertian dan pengaplikasian ungkapan: Features tell, Benefits sell. Lebih banyak benefits dijelaskan, lebih baik. Kemungkinan terjadinya transaksi bisnis lebih besar.


Kedua ilmu tersebut akan dibahas dalam modul-modul Tutorial Bisnis Wisata Online secara meluas (comprehensively, extensively) dan mendalam (indepth, intensively).


----------------------- Side Bar --------------------------


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.


-----------------------------------------------------------------




click me

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda